Minggu, 30 November 2014

Gambaran Ndeso

Talud Rumah
Desaku yang ku cinta...itu potongan lirik lagu gambaran penulis yang punya rumah di desa dengan nuansa Ala Ndeso Bingit kata wong-wong Gaul. Dengan hanya modal rumah huni ala kadarnya, yang penting "mangan ra mangan Ngeleh...Sing penting iso kanggo Kumpul keluarga". Akhirnya ada sumbangan pager talud lumayan bingit dibangun Depan Rumahku...ku melihat Rumah Kayu....di hiasi bambu......pokoke josss.

Tempat Parkir Raga
Tempat Istirahat Akhir yaitu Kubur(kuburan). Ning Tembang pujian kae : "ditutupi anjang-anjang disiram banyu ning kembang....". Itulah gambaran akhir tujuan wong urip ning Donyo, ono sing tembung " wong urip mung mampir Ngombe..." yo salah to...!menurutku ora mung ngombe ampiri : masih banyak janda-janda...(ehhh salah) masih banyak yang harus kita ampiri terutama Ilmu. Ilmu pemegang tertinggi dalam hidup : Dengan Ilmu - Jadi Presiden, dengan ilmu-harta melimpah, Ilmu-Santun, dengan Ilmu- Istri bayakkkk.....hahaaaa ngaco dah. 

Hayoo....yang jauh disana, tiap tahun mudik melungkan waktu, duit, tenaga, benda untuk melakukan kunjungan tempat yang satu ini  ...? ya... MAKAM, Ada yang punya presepsi Pada bulan-bulan tertentu seperti pada bulan Rajab, Sya’ban dan Syawal sering terlihat orang-orang ramai melakukan ziarah kubur, baik laki-laki maupun perempuan, tua maupun muda dan sebagian mereka membawa air dan kembang untuk ditaburkan ke kuburan yang diziarahi. Yang dilakukan setahun sekali, ada presepsi sungkem marang wong tuo/mbah buyut/keluarga, ono sing nang makam malah cuma bledoske Precon alias petasan (sopo kuwi hayooo...?) marahi tangi wong turu angkler....heheeee. Pemahaman nang makam kuwi disesuaikan karo Ilmu maneh, menurut Penulis cocokke yo nerapke ilmu ning ajaran agama islam ora ajaran liyane. Yaitu dengan dasar : ”Sesungguhnya aku pernah melarang kalian untuk menziarahi kubur, maka (sekarang) ziarahilah kuburan”. Hadits ini dikeluarkan oleh Imam Muslim (3/65 dan 6/82) dan oleh Imam Abu Daud (2/72 dan 131). “Sebab ziarah kubur itu akan mengingatkan pada hari akhirat”.

HAYOooo...ke Makam.......!!!




Tidak ada komentar:

Posting Komentar